Welcome Back Pemuda Pelajar Mukomuko ( P P M ) Sumatera Barat

Bingkai Wisata Di KAB.Mukomuko

Minggu, 19 Juni 2011

Penerbangan Perintis KAB.Mukomuko


lapangan Udara Kabupaten Mukomuko ini salah satu kebanggaan tersendiri dari kabupaten mukomuko yang membedakan kabupaten mukomuko dengan kabupaten lain.lapangan Udara ini sudah ada sebelum Mukomuko menjadi kabupaten. Dengan adanya penerbangan perintis di lapangan udara ini bisa mempemudah masyarakat melakukan hubungan ke luar daerah tanpa harus dibebankan dengan jarak tempuh selain meningkatkan perekonomian juga meningkatkan bayak hal salah satu bisa mingkatkan pariwisata di kabupaten mukomuko.



Pantai Abrasi Mukomuko



Pantai Abrasi ini awal nya emang bukan tempat pariwisata di Kab.Mukomuko dengan kejadian alam, sekarang pantai ini menjadi sudah menjadi salah satu objek pariwisata di kabupaten mukomuko yang di lakukan penataan ulang oleh pemerintah daerah selain mencegah terjadinya erosi lagi pantai abrasi ini juga di jadikan tempat untuk bersantai bersama keluarga, pacar, teman dll.Dimana pantai ini bukan hanya ajang perkumpulan muda - mudi, keluarga di sore hari menghabiskan waktu untuk melihat sunset,

tetapi juga tempat peristirahatan para musyafir yang lagi melakukan perjalan jauh.
Pantai abrasi ini mempunyai daya tarik tersendiri dari pada pantai-pantai yang ada di kab.Mukomuko dimana pantai ini selain lokasinya bersebelahan dengan jalan raya pantai ini juga sangat panjang untuk di tempuh dengan jalan kaki jadi suasana pantai sangat ramai di sore hari





Pantai Batung Badoro



Objek wisata pantai batung bandoro adalah satu objek wisata andalan kabupaten mukomuko Pantai ini sangat terkenal bagi masyarakat Sumatra khususnya Bengkulu karena pantainya yang unik dan pemandangan yang sangat indah menjorok kearah laut.
Di sepanjang pantai banyak sekali batu kecil yang menghiasi daratan pantai sehingga sering disebut pantai batu.

wah sangat eksotis sekali bukan...beda dari pantai biasanya.Selain pohon cemara yang mendiami sekitar pantai juga banyak pohon sawit dan pohon bakau sehingga seperti berada di taman pantai. lokasinya di sepanjang jalan kota mukomuko kecamatan mukomuko utara, kabupaten mukomuko atau sekitar 300 kilometer dari kota Bengkulu.








Pantai Indah



Pantai indah merupakan salah satu objek wisata tujuan baik wisatawan lokal maupun wisatawan luar daerah, kelebihan pantai ini adalah cocok sebagai tujuan wisata keluarga karena pantai indah ini merupakan pantai yang aman dan sejuk.

Pantai yang ditumbuhi cemara laut ini sangatlah sejuk walau di siang hari, kedepannya pemerintah muko-muko akan menjadikan pantai indah ini sebagai gerbang wisatawan pariwisata Bengkulu dari luar Bengkulu karena letak muko muko yang memang berbatasan dengan propinasi Sumatera barat.Di pantai Ini juga terdapat peningalan penjajahan Inggris yaitu Benteng Anna yang usianya mukin sudah pulahan abad. pantai ini juga menjadi salah satu permungkiman para nelayan dan pantai ini juga salah satu para keluarga untuk mencari lauk pauk untuk di masak.







Pantai air Rami



Objek Wisata Pantai air Rami merupakan objek wisata pantai yang mempunyai pasir putih dengan keindahan panorama alam vegetasi hutan cemara.
Objek Wisata Pantai air Rami Terletak tepat dipinggir jalan lintas barat sumatera,Objek Wisata Pantai air Rami berjarak sekitar 10 km dari kota Ipuh Kabupaten Muko-muko Provinsi Bengkulu.

Sebagian daerah Objek Wisata Pantai air Rami ini merupakan kawasan cagar alam. Bagi yang menggunakan jalur lintas barat dapat singgah untuk beristirat Objek Wisata Pantai air Rami sebelum malanjutkan perjalan ke kota Bengkulu atau ke kota-kota lainnya yang berada Provinsi Sumatera Barat.selain pasir yang putih pantai ini juga mempunyai ombak yang luman besar tapi sayang gak bisa di buat untuk olang raga surfing....kayak di bali dan hawai..







Pantai Bantal



Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu akan dijadikan sebagai daerah tujuan obyek wisata konservasi penyu dan pusat penelitian penyu, sebab daerah ini memiliki penangkaran penyu pertama di provinsi itu.
Daerah konservasi penyu di Kabupaten Mukomuko berada di Desa Retak Ilir, Kecamatan Ipuh sampai ke pantai bantal kini mulai dilirik para wisatawan dan intelektual dari berbagai unversitas untuk penelitian habitat penyu.

pantai bantal ini terletak di sebelah selatan kota Mukomuko,pantai ini pada masa dulu di tempat kapal-kapal berlabuh.Untuk jenis satwa dan biota laut, di antaranya ikan-ikan, karang, kepiting dan udang, di sepanjang pantai bantal ini terdapat pantai pasir putih yang pada malam hari menjadi lokasi penyu sisik (eretmocheIys imbricata) dan penyu hijau (cheloma mydas) naik ke darat untuk bertelur.






DANAU NIBUNG



Danau Nibung, merupakan Sebuah objek wisata yang berada di Provinsi Bengkulu yang terletak di Desa Ujung Pandang, Kecamatan Mukomuko, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. Letak Danau Nibung berada di Pusat Kota Mukomuko di Kawasan Kantor Bupati, lokasi objek wisata Danau Nibung ini mudah dijangkau dengan kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua dan hanya berjarak sekitar 6 km dari Kota Mukomuko, ibu kota Kabupaten Mukumuko,Bengkulu. Sedangkan dari Bandara Fatmawati Kota Bengkulu,

berjarak sekitar 300 km dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum,seperti Pesawat terbang .Danau ini juga di kenal degan nama danau bintang 7. Danau Nibung mempunyai Panorama Alam perbukitan. dengan dikelilingi oleh hutan tropis sebagai pemandangan utamanya. Selain aktifitas memancing, kita juga dapat menyaksikan satwa liar, seperti burung, Bagi yang pencita “bird watching” dapat berburu foto disini.





Danau Lebar



Selai danau nibung di Kab.Mukomuko juga terdapat satu danau lagi yaitu danau lebar,
danau yang ini letak na kira-kira 30 km dari kota mukomuko.Danau ini di jadikan oleh Pemda sebagai Reboisasi Hutan Bakau untuk mewujudkan penghijauan Kaerana Kabupaten Mukomuko yang terletak di pinggir kawasan pantai barat Bengkulu, sangat rawan ancaman abrasi laut dan banjir dari beberapa anak sungai di wilayah itu

Danau ini tidak kalah menarik dengan danau nibung mepunyai daya tarik tersendri Tak lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Kab.mukomuko tidak sempat mampir kedanau lebar ini selain letak danau ini sangat terpecil juga kita harus melewati perkebunan sawit untuk bisa sampai ke danau lebar ini...rasa nya menambah pemandangan baru di sekitar perjalan kita kesana...






Bendungan Air ManJuto



Bendungan atau dam adalah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, atau tempat rekreasi. Seringkali bendungan juga digunakan untuk mengalirkan air ke sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air. Kebanyakan dam juga memiliki bagian yang disebut pintu air untuk membuang air yang tidak diinginkan secara bertahap atau berkelanjutan.

Bendungan Air Manjuto merupakan salah satu bendungan terbesar yang berada di Propinsi Bengkulu,yang diresmikan oleh Matan Presiden RI ke2, Bapak Alm.Soeharto. Bendungan Air Manjuto berfungsi sebagai Irigasi untuk perairan sawah masyarakat lubuk pinang sekitarnya, sekarang bendungan tersebut menjadi obyek wisata unggulan Kabupaten Mukomuko.

Objek Wisata Air Manjuto ini berada di sungai Manjuto dimana sungai ini di kelilingi oleh panorama alam yang sangat indah sebagai tempat rekreasi bersama keluarga.Bendungan air Manjunto ini selain berfungsi sebagai irigasi juga bermanfaat sebagai sumber air bersih di kabupaten Muko-muko,sungai manjunto ini juga menjadi kreteria dari pada kabupaten mukomuko sendiri karena kabupaten mukomuko di lingkup oleh dua sungai besar yaitu sungai selagan dan sungai manjunto yang bermuara di satu muara.








Sungai Air Berau




Objek wisata Sungai Air Berau yang berada di bantaran jalan lintas Barat (Jalinbar) Bengkulu ini berpotensi menjadi lokasi kegiatan berburu ikan.Sungai Air Berau berjarak 30 Km dari Kota Mukomuko sangat cocok untuk wisata arung jeram, karena debit air deras dan penuh rintangan jika dijadikan lokasi arung jeram.Selain air sungai yang jernih,

di tempat ini juga banyak terdapat spesies ikan. Wisatawan bisa melakukan kegiatan menangkap ikan.Di bagian hulu sungai Air Berau terdapat air terjun dalam hutan perawan dan belum tersentuh masyarakat, sehingga para wisaatwan dapat menikmati kesejukan alam.Pesona alam yang indah dan mempesona ini diyakini bisa mengundang para wisatawan dari luar Provinsi Bengkulu, terlebih sekarang sudah didukung adanya penerbangan rutin ke Kabupaten Mukomuko.

Bahkan di hari jati kota Muko muko yang lalu diadakan lomba dayung sampan di sungai ini.Obyek wisata ini nantinya bisa dijadikan konsep pembangunan Air Berau atau pembangunan Desa Air Berau jika melihat kultur budaya yang ada.Budaya lainnya bisa disajikan dengan menebar benih dengan nuansa adat, disamping menawarkan acara adat pernikahan ’Anak daro mandi ke air” artinya anak bayi baru lahir langsung dimandikan ke sungai.

1 komentar:

Posting Komentar

 
Terima Kasih Atas Kunjungannya semoga anda Puas Dengan Apa yang Kami Sajikan